Rabu, 23 Februari 2011

Apa si Game Engine itu??

Semester baru untuk perkuliahan sudah dimulai lagi. Tentunya akan setiap mahasiswa mengemban misi baru dan dunia baru untuk dipijak. Namun, di dunia yang baru tentunya belumlah banyak hal yang kita ketahui tentang hal-hal yang ada di dalamnya. Di dunia yang baru tentunya akan ada bahasa baru, fungsi baru dan ketentuan baru yang harus kita ikuti dan patuhi.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang game engine. Hal ini berkaitan dengan mata kuliah pengantar teknologi game yang saat ini saya ikuti. Saya sendiri belum tahu pasti, apa sebenarnya definisi yang tepat untuk game engine. Oleh karena itu, saya pikir dengan menulis mengenai definisi dari Game engine itu sendiri saya dapat menemukan arti yang tepat untuk game engine.

wikipedia.org mengatakan :

"A game engine is a software system designed for the creation and development of video games. There are many game engines that are designed to work on video game consoles and personal computers. The core functionality typically provided by a game engine includes a rendering engine (“renderer”) for 2D or 3D graphics, a physics engine or collision detection (and collision response), sound, scripting, animation, artificial intelligence, networking, streaming, memory management, threading, localization support, and a scene graph. The process of game development is frequently economized by in large part reusing/adapting the same game engine to create different games."

"game engine adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mengkreasikan dan membangun video games. Banyak sekali Game engine yang di desain untuk di mainkan di video game consoles(seperti PlayStation, XBox, dll) dan PC. Fungsi inti dari game engine sebenarnya menyediakan sebuah mesin yang didalamnya dapat membuat 2D atau 3D graphics, mesin fisik atau deteksi tabrakan(dan respon akan tabrakan itu sendiri), suara, pembuatan script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming(mungkin lebih dimengerti dari pada diartikan), menejemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan gambar grafiknya. Proses pengembangan sebuah game sering dihemat dengan penggunaan skala besar untuk dipakai berkali-kali/mengadaptasi dari game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda."


menurut saya berkaitan dengan pernyataan dari wikipedia ini, game engine merupakan sebuah kumpulan fungsi dari berbagai bahasa yang menyatukan beberapa bidang sekaligus yang mungkin lebih sulit apabila dibuat sendiri-sendiri dengan bahasa yang berbeda. Hal ini dibuktikan pada bagian deteksi tabrakan dan responnya. Hal ini mungkin saja adalah sebuah usaha dari game engine untuk mempermudah penggunannya, jadi ketika seorang programer mengkodekan sebuah game dan menurut game engine hal itu akan menimbulkan sebuah collision game engine akan memberikan sebuah solusi atau peringatan agar programer dapat mengkodekan ulang atau memperbaiki collision yang ditimbulkan tersebut.

Game engine sepertinya juga menempatkan fungsi-fungsi yang sering digunakan agar programer tidak bersusah payah untuk mengkodekan semuanya sampai juga mengkodekan bahasa yang hanya dimengerti oleh mesin. Pada game engine hal ini sudah disediakan. Dan beberapa game engine juga menyediakan tamplate-template yang bisa digunakan dari game yang sebelumnya sudah ada sehingga bagi pengguna yang awam bisa menggunakannya untuk membuat game yang berbeda, mungkin saja menggabungkan karakter-karakter dari game 1 ke game 2 sehingga karakter yang ada lebih bervariasi. Hal itu bisa saja terjadi di game engine.

untuk list dari game engine yang tersedia anda dapat melihat disini.

Keuntungan dari penggunaan game engine adalah faktor waktu pengerjaan dari pembuatan sebuah game yang mengandung berbagai aspek programing dapat di minimalisir, sehingga banyak hal lain yang dapat dilakukan setelah mengerjakan tugas pembuata game ini...


bagi yang membaca dimohon komentarnya mengenai game engine yang mudah digunakan dan berikan pendapatnya...