Minggu, 30 September 2012

Desain dan Pemodelan Grafis : Pengenalan


Dalam dunia kompter, hal-hal grafis menjadi sangat penting karena menjadi bidang grafis merupakan output utama yang dikeluarkan oleh komputer dalam berinteraksi dengan penggunanya. Tanpa grafis komputer hanyalah mesin pemroses yang nilai gunanya akan berkurang sangat jauh dibandingkan dengan adanya bidang grafis dalam proses komputerisasi. Namun pengertian grafis sendiri serta elemen-elemen pendukung yang erat kaitannya sudah banyak dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya. Pada tulisan ini akan dikutip beberapa pengertian tentang desain dan pemodelan grafis. Selain itu penulis akan memberikan pandangannya tersendiri untuk hal-hal yang sudah dibahas. Semoga tulisan ini dapat membantu para pembaca yang sedang mempelajari dasar-dasar desain dan pemodelan grafis.

Pengertian desain grafis

Berikut disajikan pengertian-pengertian desain grafis yang sudah dikumpulkan, adapun sebagai berikut :
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). (http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis :2012)

Beberapa blog menampilkan pengertian desain grafis sebagai berikut :

Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. (http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html, http://photoshop.otodidak.info/articles-graphic/pengertian-desain-grafis/ :2012)

Lalu pada blog selanjutnya pengertiannya dikutip dari wikipedia namun pada pengertian yang dijelaskan diterangkan mengenai penerapan desain grafis, yaitu sebagai berikut :

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang sering disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. (http://no21reason.blogspot.com/2011/10/pengertian-dan-sejarah-perkembangan.html:2012)

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa desain grafis awalnya berkaitan erat dengan media cetak, namun perkembangan zaman menuntut pemindahan media dari media cetak ke media visual.
Setelah dengan berbagai keterangan mengenai pengertian desain grafis, penulis menyimpulkan bahwa desain grafis merupakan cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer .

Pengertian Pemodelan Grafis 

Sedangkan pemodelan grafis, menurut penulis erat kaitannya dengan implementasi dari desain grafis itu sendiri. Karena apa yang dikatakan mengenai pemodelan adalah wadah (media)objek dari desain yang sudah dibuat, dalam dunia komputer wadah tersebut tersdiri dari 2D dan 3D adapun penjelasan yang lebih lengkapnya adalah sebagai berikut :

Sebelum dilakukan pemodelan grafis dengan tools  yang sudah tersedia, dalam pemodelan grafis dilakukan pemodelan geometris, adapun pemodelan geometris adalah sebagai berikut : pemodelan geometris menciptakan model matematika dari objek-objek2D dan 3D. Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.

Dibawah ini adalah 2 bentuk dari grafik computer :

• Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). 
• Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z. 


        Selain itu diterangkan juga diperoleh pengertian dari sumber lain, mengenai pemodelan ini, yaitu pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modeling).

        Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.