Dalam dunia kompter, hal-hal grafis
menjadi sangat penting karena menjadi bidang grafis merupakan output utama yang
dikeluarkan oleh komputer dalam berinteraksi dengan penggunanya. Tanpa grafis
komputer hanyalah mesin pemroses yang nilai gunanya akan berkurang sangat jauh
dibandingkan dengan adanya bidang grafis dalam proses komputerisasi. Namun pengertian
grafis sendiri serta elemen-elemen pendukung yang erat kaitannya sudah banyak
dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya. Pada tulisan ini akan dikutip
beberapa pengertian tentang desain dan pemodelan grafis. Selain itu penulis
akan memberikan pandangannya tersendiri untuk hal-hal yang sudah dibahas.
Semoga tulisan ini dapat membantu para pembaca yang sedang mempelajari
dasar-dasar desain dan pemodelan grafis.
Pengertian desain grafis
Berikut disajikan
pengertian-pengertian desain grafis yang sudah dikumpulkan, adapun sebagai
berikut :
Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). (http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
:2012)
Beberapa blog menampilkan pengertian
desain grafis sebagai berikut :
Desain Grafis berasal dari 2 buah
kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan
mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis
adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan
demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar,
angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari
seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat
menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. (http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html,
http://photoshop.otodidak.info/articles-graphic/pengertian-desain-grafis/
:2012)
Lalu pada blog selanjutnya
pengertiannya dikutip dari wikipedia namun pada pengertian yang dijelaskan
diterangkan mengenai penerapan desain grafis, yaitu sebagai berikut :
Desain grafis pada awalnya
diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai
tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan
dalam media elektronik yang sering disebut sebagai desain interaktif atau
desain multimedia. (http://no21reason.blogspot.com/2011/10/pengertian-dan-sejarah-perkembangan.html:2012)
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa
desain grafis awalnya berkaitan erat dengan media cetak, namun perkembangan
zaman menuntut pemindahan media dari media cetak ke media visual.
Setelah dengan berbagai keterangan
mengenai pengertian desain grafis, penulis menyimpulkan bahwa desain grafis
merupakan cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis
dibantu oleh komputer .
Pengertian Pemodelan Grafis
Sedangkan pemodelan grafis, menurut
penulis erat kaitannya dengan implementasi dari desain grafis itu sendiri.
Karena apa yang dikatakan mengenai pemodelan adalah wadah (media)objek dari desain
yang sudah dibuat, dalam dunia komputer wadah tersebut tersdiri dari 2D dan 3D
adapun penjelasan yang lebih lengkapnya adalah sebagai berikut :
Sebelum dilakukan pemodelan grafis
dengan tools yang sudah tersedia,
dalam pemodelan grafis dilakukan pemodelan geometris, adapun pemodelan
geometris adalah sebagai berikut : pemodelan geometris menciptakan model
matematika dari objek-objek2D dan 3D. Pemodelan grafis adalah Transformasi dari
suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa
ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi,
surface, properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan
pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.
Dibawah ini adalah 2 bentuk dari grafik computer :
• Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
• Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z.
Selain itu diterangkan juga
diperoleh pengertian dari sumber lain, mengenai pemodelan ini, yaitu pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau
obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.
Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di
komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa
diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai
pemodelan 3 dimensi (3D modeling).
Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Dari definisi di atas dapat
disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru
dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat,
menyimpan dan manipulasi model dan citra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar