Jumat, 28 Mei 2010

Manfaat E-COMMERCE dan Kelemahannya

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Secara garis besar keuntungan/manfaat dari ecommerce sudah disebutkan diatas, dari mentransfer dana sampai pengumpulan data secara automatis. Namun lebih dari itu e-commerce juga dapat membuat lapangan kerja baru yang lebih banyak. ecommerce juga tidak memperlukan tempat yang luas hanya kecepatan transformasi datalah dan keakuratan data yang ditampilkan oleh pemiliknya menjadi daya tarik yang sangat penting. Selain dari pada itu maintenence untuk ecommerce tidak lebih besar dari pada jika kita memiliki toko di suatu ruko. Bisa dilihat di bawah ini keuntungan dari e-commerce yang telah dirangkum :
* Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
* Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
* Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

kelemahannya juga banyak terutama dalam bidang penipuan. Karena kelemahan ini di Indonesia masih kurang orang yang membeli dari ecommerce. permasalahan lain adalah internet yang tidak stabil, banyak dari kita yang memiliki keterbatasan untuk mengadakan suatu internet yang baik sehingga sesekali koneksi terputus. Lalu pemerintah juga seperti kurang perhatian dengan perkembangan e-commerce karena peraturan dan kebijakan yang di buat pun belum cukup memadai untuk melindungi konsumen.

Memang sangat disayangkan peluang bisnis yang besar ini menjadi terbuang. Sangat diharapkan adanya turut sertanya pemerintah yang besar untuk memajukan bidang e-commerce. Agar lebih baiknya kita sebagai masyarakat TI seharusnya sudah menggunakan dan mensosialisasikan bahwa apabila kita menggunakan dengan baik e-commerce maka kita akan bisa menghindari kerugian yang ditimbulkan e-commerce.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar